Tehnik Pemasangan Atap Kaca


Atap kaca tempered atau laminated akhir-akhir ini banyak diminati masyarakat sebagai pengganti atap konvensional yang sebelumnya telah populer. Tampilan yang indah, jalan masuknya cahaya matahari, mudah didapat serta anti korosi merupakan alasan terbesar sehingga memutuskan untuk menggunakan jenis bahan bangunan logam dan kaca ini.  Ya.. apapun alasanya, disini kita akan mencoba menguraikan cara memasang atap kaca atau skylight sehingga bisa menghasilkan kualitas terbaik.


Atap Kaca adalah atap yang terbuat dari material bahan kaca. Biasanya kaca yang dipakai ialah kaca tempered atau laminated. Kedua jenis kaca ini merupakan hasil tehnologi modern industri perkacaan yang dalam prosesnya dilakukan dengan mesin mesin bertehnologi canggih. Kaca ini sering kali digunakan sebagai dinding kaca dan pintu kaca pada bangunan gedung perkantoran, hotel, serta pusat perbelanjaan. Namun beberapa tahun belakang, banyak bangunan gedung dan rumah-rumah modern yang memakai atap kaca sebagai innovasi dalam arsitektur bangunan modern.

Tehnik Pemasangan Atap Kaca

Pemasangan atap kaca harus benar-benar memperhatikan ukuran dan tingkat kemiringan atap. Idealnya atap ini dipasang pada kemiringan 20 derajat, serta minimal adalah 10 derajat. Derajat kemiringan tersebut memungkinkan air hujan yang jatuh dan menimpa atap bisa langsung mengalir ke bawah, tanpa menggenangi di atas atap. Sementara bila pemasangan atap kurang dari 10 derajat akibatnya air hujan akan tergenang di atas atap dan menyebabkan atap kaca gampang buram.

Sebelum dipasang di posisinya, Anda perlu memastikan bentuk dan ukuran lembaran- lembaran kaca tersebut sudah presisi. Sebab jika atap kaca ini tidak presisi, atap pun menjadi renggang sehingga akan mengalami kesulitan pada saat penyilenannya. Pemasangan atap kaca dimulai dari bagian paling atas terlebih dahulu, terutama yang berdempetan dengan dinding tembok bangunan. Setelah satu barisan atap kaca tersusun sempurna, Anda bisa meneruskan pemasangan di bagian bawahnya.


Memasang atap kaca sepertinya mudah, tapi dalam pengerjaannya tidak semudah kelihatannya. Untuk mendapatkan hasil yang bagus dan rapih kita harus tahu tips, cara, dan teknik pemasangan atap kaca yang benar. Berikut kami akan berbagi sedikit tips, cara, dan teknik pasang atap kaca:

Bahan dan Alat untuk memasang Atap Kaca 

Sebelumnya kita siapkan bahan-bahan yang akan dipakai yaitu
- Sealent/silikon non acid (tidak berbau asam),
- Rangkaian struktur atap yang sudah siap pasang, misalnya terdiri dari rangka besi.
- Daun jendela bukaan atau kisi-kisi alumunium
- Dinabolt
- Skrup
- Isolasi  kertas/lakban
- Kop kaca
- Sponge karet 5 mm
- Lem Aica Aibon
- Rangka besi/alumunium yang mau dipasang.

Setelah bahan bangunan sudah tersedia maka bisa kita lanjutkan dengan menyiapkan peralatan pemasangan yaitu

- Bor tembok.
- Mesin grinda tangan

Metode Pemasangan Atap Kaca

1. Pada saat pemasangan struktur rangka entah itu besi baja, stainless atau alumunium, maka harus kita persiapkan lobang atap agar tidak perlu melakukan pembongkaran, ukuran lobang disesuaikan dengan ukuran struktur rangka ditambah 1 cm untuk tempat sealent. 
2. Lalu kita masukan/tumpangkan struktur rangka kedalam lobang, mengatur agar posisinya pas dengan menggunakan alat beji, setelah posisi pas maka kita stel kemiringan struktur atap dengan lantai dak cor, kemiringan dan kedataran sampai air benar-benar bisa mengalir dengan bagus. 
3. Kita buat lobang untuk tempat skrup pada dinding melalui lobang struktur kerangka dengan menggunakan alat bor, kemudian kita masukan dinabolt kedalam lobang bor yang telah kita buat. Selanjutnya kita ambil kunci pas untuk mengencangkan dinabolt. 
4.  Kita siapkan lembaran lembaran kaca yang sudah disudah diproses tempered atau laminated.
5. Lembaran lembaran kaca tersebut kita susun diatas rangkaian struktur kerangka secara penuh, sebaiknya mulailah dari bagian yang menempel dengan dinding bangunan.
6. Kemudian kita lakukan finishing antar sambungan kaca dengan menggunakan silen/silicon non acid. pengisian dilakukan sampai tertutup semua celah antara kaca an dinding agar tidak terjadi kebocoran.
7. Selama proses pelaksanaan pemasangan kaca berlangsung maka rawan terjadi goresan atau benturan sehingga terjadi kerusakan/pecah nya kaca. oleh karena itu kita buat pelindung dengan bahan isolasi plastik atau kertas pada setiap tepian kaca yang hendak dipasang.
8. Daun jendela bukaan kisi kisi alumunium sebagai tempat sirkulasi udara kita masukan ke lobang strktur  kerangka yang sudah disiapkan, kemudian kita pasang semua aksesorisnya seperti engsel, hendle,  dan yang lainya.

Itu tadi sedikit tips, cara, maupun teknik memasang atap kaca yang baik dan benar, agar anda mendapatkan keindahan serta kerapihan dari pemasangan atap kaca di rumah anda. Bagi anda yang ingin mengaplikasikan atap kaca ini, tidak ada salahnya untuk menghubungi kami untuk lebih jelasnya, dan anda bisa menanyakan langsung dengan petugas terkait kamit, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada tips selanjutnya


 Untuk Konsultasi dan Pembuatan Janji Survey (GRATIS)
 bisa hubungi kami innovaglass97@gmail.com atau
telepon langsung ke :  0856-7823-744 / 
0813-1087-4100 / 0812-9657-2133 / WA : 0813 - 1087 - 4100 /
 BB. 528F558A
Kami akan datang dengan membawa produk berkualitas tinggi untuk bangunan Anda.

 KAMI MELAYANI PEMESANAN DARI SELURUH DAERAH JABODETABEK, JUGA LUAR KOTA.




Subscribe to receive free email updates:

3do1hmu65rk586jj0ne5m63t80

0 Response to "Tehnik Pemasangan Atap Kaca "

Posting Komentar